Through messages attractively packaged, TV programs can affect change in the opinions and
attitudes of their audience. The purpose of this research are: 1. Describing the message delivered
in displaying the television program "The Boy Adventurers" in Trans7 2. Describing the
presentation techniques Impressions television program "The Boy Adventurers" in Trans7 3.
Describing the role shows television program "The Boy Adventurers" in Trans7 Student
behavior patterns Elementary School District Resources District Resources 1 Cirebon? Method
of this research is descriptive-qualitative, that captures the facts and social phenomena, through
observations in the field, then analyzing the results of these observations and attempting to make
theorising based on what is observed. Informant selection techniques in this study using
purposive sampling technique (purposive sampling). As a result, the role of first-run television
program "The Boy Adventurers" in Trans7 student behavior patterns that motivate students to
better preserve the natural environment and traditional games, helping friends and parents, and
enhance creativity.
Melalui pesan yang dikemas secara menarik, program televisi dapat memberikan efek pada
perubahan opini dan sikap dari khalayaknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1.
Mendeskripsikan pesan yang disampaikan dalam tayangan program televisi “Si Bocah
Petualang” di Trans7; 2. Mendeskripsikan pula teknik penyajian Tayangan Program Televisi “Si
Bocah Petualang” di Trans7; 3. Mendeskripsikan peran tayangan program televisi “Si Bocah
Petualang” di Trans7 pada pola perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri Sumber 1 Kecamatan
Sumber Kabupaten Cirebon? Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, yaitu menangkap
berbagai fakta dan fenomena-fenomena sosial, melalui pengamatan di lapangan, kemudian
menganalisa hasil pengamatan tersebut dan berupaya melakukan teorisasi berdasarkan apa yang
diamati. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposif
(purposive sampling). Hasilnya, peran tayangan Program televisi “Si Bocah Petualang” di
Trans7 pada pola perilaku siswa yakni memotivasi siswa untuk lebih melestarikan lingkungan
alam dan permainan tradisional, membantu teman dan orang tua, dan meningkatkan kreativitas
anak.
Sebuah tayangan program televisi harus
memiliki tema yang menarik dan tentunya
sesuai dengan khalayak yang menjadi target
sasarannya. Dalam penelitian ini, penulis
mendapatkan hasil wawancara yang
dilakukan kepada siswa-siswa yang menjadi
informan mengenai pendapat mereka pada
tema yang disajikan dalam Tayangan
Program Televisi “Si Bocah Petualang”
Trans7. Menurut Syahrizal Ramadhan yaitu:
“Temanya bagus, menjaga lingkungan alam,
mengajarkan permainan tradisional, terus
mengajarkan suka menolong teman dan
orang tua”.
Tubagus Dirham Pramudya, Nida Fadiyah,
dan Tasya Putri Salsabilla pun memberikan
pendapat yang hampir sama, yakni:
“Temanya bagus, menjaga lingkungan alam”.
Tayangan Program Televisi “Si Bocah
Petualang” Trans7 menampilkan cerita yang
ringan dan menarik bagi anak-anak. Karena
Tayangan Program Televisi “Si Bocah
Petualang” Trans7 tersebut merupakan jenis
tayangan semi dokumenter sehingga
menampilkan cerita yang sebagian adalah
kisah nyata tetapi ditambah dengan sedikit
cerita fiktif (tidak sesuai dengan faktanya)
agar dapat dikemas dengan lebih menarik.
Hasil wawancara penulis kepada beberapa
Informan:
Comments
Post a Comment